Seperti yang kita ketahui bersama Kurikulum 2013 sudah dihadapan kita bahkan beberapa sekolah percontohan telah melaksanakan kurikulum ini .Pengertian Kurikulum menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah
lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada
tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan secara terpadu. Sehingga diharapkan
kirukulum ini mampu menjawab kebutuhan dan tantangan jaman tentang
pembelajaran. Lahirnya Kurikulum ini tidak terlepas dari dari tantangan internal dan eksternal.
Tantangan
internal misalnya :
- Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standar biaya, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulusan.
- Tantangan internal lainnya terkait dengan faktor perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif
Dilihat
dari tantangan dari luar(eksternal )misalnya :
- Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
- Masalah lingkungan hidup
- Kemajuan teknologi informasi
- Konvergensi ilmu dan teknologi
- Ekonomi berbasis pengetahuan
- Kebangkitan industri kreatif dan budaya
- Pergeseran kekuatan ekonomi dunia
- Pengaruh dan imbas teknosains
- Mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan
- Materi TIMSS dan PISA
- Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
- Masalah lingkungan hidup
- Kemajuan teknologi informasi
- Konvergensi ilmu dan teknologi
- Ekonomi berbasis pengetahuan
Melihat
tantangan di masa depan yang semakin berkembang sehingga perlu adanya perubahan
pola pikir dari kurikulum sebelumnya. Penyempuraaan pola pikir tersebut dapat
dijabarkan sebagai berikut :
1
|
Berpusat pada Siswa
|
2
|
Interaktif
|
3
|
Lingkungan Jejaring
|
4
|
Aktif-Menyelidiki
|
5
|
Konteks Dunia Nyata
|
6
|
Pembelajaran Berbasis Tim
|
7
|
Perilaku Khas Memberdayakan Kaidah Keterikatan
|
8
|
Stimulasi ke Segala Penjuru (semua Panca indera)
|
9
|
Alat Multimedia (berbagai peralatan
teknologi pendidikan)
|
10
|
Kooperatif
|