1.
Kegiatan asesmen pada siswa
sebagian besar dilakukan dengan :
·
Tanya jawab secara langsung
·
Tes formal /non formal
·
Mengamati sswa menyelesaikan
masalah
2.
Agar penilaian obektif seorang
guru harus menyusun kriteria dalam pemberian skor
3.
Cara mnhitung skor z adalah jarak
antara (Skor tes -Rata-rata)/simpangan baku
4.
Kelebihan dari alat penilaian
ceklist adalah pedoman penilaian lengkap
5.
Unit (Pembelajaran Terpadu) adalah
melatih siswa untuk berfikir secara komprehensif dari berbagai disiplin ilmu/
berbagai aspek
6.
Pertimbangan dalam teknik
penilaian proyek adalah memilih dan menggunakan alat dilapangan
7.
Kecepatan : Jarak /waktu
8.
Jarak : Kecepatan X waktu
9.
Waktu : Jarak/kecepatan
10.
Standar kompetensi lulusan adalah
kemampuan yang harus dimiliki setiap lulusan dalam setiap mata pelajaran yang
memiliki implikasi.
11.
Kelebihan soal obyektif adalah
*materi luas *scoring cepat *dapat digunakan berulang
12.
Fungsi utama hati adalah mengtur
kadar gula dalam darah
13.
Aspek-aspek
yang menjadi karakteristik karya tulis antara lain : sikap penulis *struktur
sajian*penggunaan bahasa.
14.
Perbandingan
uang 2:3 jumlah uang 2.000.000 maka 2/5 X2.000.000=800.000 dan
3/5 x 2.000.000= 1.200.000 maka selisih uang
mereka 1.200.000-800.000 =400.000
15.
Ciri-Ciri karya tulis antara lain *bahasa resmi*memaparkan bidang
ilmu tertentu*disajikan sistematis.
16.
Fungsi
hati :*menghasilkan empedu*meghilangkan racun*menyimpan vitamin dan zat
besi*menyimpan glukosa*mengubah gula*memecah hemoglobin*
17.
Ranah afektif menurut taksonomi Krathwohl ada lima, yaitu:
1.PENERIMAAN.receiving (attending),keinginan memperhatikan
sesuatu
2.RESPONSI.responding,bereaksi
3. ACUAN
NILAI.valuing,
4 .ORGANISASI.organization, dan
5.KARAKTERISASI.characterization.
18.
Proses
pada alveolus : pertukaran oksigen dan karbondioksida
19.
Pengelompokan
artikel : - artikel telaahan - artikel teoritis
20.
Isilah
pancasila dikemukakan oleh soekarno
21.
Desentralistik
: kebijakan pemerintah untuk memberikan wewenang kepada daerah untuk
mengembangkan kurikulum
22.
Kompetensi
guru :
$ KOMPETENSI
PEDAGOGIK : *kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, *perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, *evaluasi hasil belajar, dan *pengembangan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
$ Kompetensi
Kepribadian
Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
$ Kompetensi Profesional
Kompetensi Profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
Kompetensi Profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
$ Kompetensi
Sosial
Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar
Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar
23.
M2KDI yaitu: Malu- Mutu- Kerja- Disiplin- Ibadah.
24.
Landasan
Pendidikan antara lain *
1. Landasan
Filosofis
a. Pengertian Landasan Filosofis
Landasan filosofis bersumber dari pandangan-pandangan dalam filsafat
pendidikan,
a) Esensialisme
Esensialisme adalah mashab pendidikan yang mengutamakan pelajaran
teoretik (liberal arts) atau bahan ajar esensial.
b) Perenialisme
Perenialisme adalah aliran pendidikan yang megutamakan bahan ajaran
konstan (perenial) yakni kebenaran, keindahan, cinta kepada kebaikan universal.
c) Pragmatisme dan Progresifme
Pragmatisme adalah aliran filsafat yang memandang segala sesuatu dari
nilai kegunaan praktis, di bidang pendidikan, aliran ini melahirkan
progresivisme yang menentang pendidikan tradisional.
d) Rekonstruksionisme
Rekonstruksionisme adalah mazhab filsafat pendidikan yang menempatkan
sekolah/lembaga pendidikan sebagai pelopor perubahan masyarakat.
2. Landasan Sosiologis
1.
Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat lain.
2. Hubungan
kemanusiaan.
3. Pengaruh
sekolah pada perilaku anggotanya.
4. Sekolah
dalam komunitas,yang mempelajari pola interaksi antara
sekolah dengan
kelompok sosial lain di dalam komunitasnya.
3. Landasan Kultural
4. Landasan Psikologis(prinsip-prinsip belajar dan perkembangan anak)
5. Landasan Ilmiah dan
Teknologis
25.
Kompetensi sosial guru :
1.
adat
istiadat baik sosial maupun agama.
2. budaya dan
tradisi.
3. inti
demokrasi.
4. estetika.
5. apresiasi
dan kesadaran sosial.
6. sikap yang
benar terhadap pengetahuan dan pekerjaan.
7. Setia
terhadap harkat dan martabat manusia.
26. Kode etik adalah pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam
melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI
PEDAGOGIK III
1.
Kemampuan menggunakan logika namun masih menggunakan
benda-benda kongkrid pada siswa usia 7-12 th
2.
Kegemaran cerita yang bersifat kritis misalnya cerita
pahlawan pada usia 10-12 th
3.
Penggunaan media sapu lidi,potongan kertas,kelereng,globe yang menyangkut pembelajaran ipa adalah pada
tahap sensori motorik/pengamatan peinderaan intensif terhadap lingkungan
4.
Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan
hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.
5. Usia 8-12 anak mulai memahami bahwa dirinya ada perbedaan
dengan orang lain seperti sifat,sikap,watak,
6. Gaya berfikir bebeas(field
independent) siswa belajar mengerjakan soal dengan depat tetapi banyak
kesalahan
7. Teori belajar rekonstruktifisme
belajar dibangun sedikit demi sedikit dan hasilnya diperluas melalui konteks
yang terbatas.
*Siswa
diberi kebebasan belajar menurut apa yang mereka inginkan, sesuai sumber-sumber
yang tersedia
8. Karakteristik teori belajar
Tingkah Laku(behavioristik): *Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian
kecil,*pembelajaran mengutamakan pembentukan stimulus (rangsangan) dan respon.
9.
Kerajaan islam pertama di Idonesia adalah samudra
pasai
10. Macam-macam
magnet :-magnet U,Magnet Batang,magnet Ladam
11. Nagasaki di
bom sekutu pada tanggal 9 Agustus 1984
12. Inovasi
merupakan suatu perubahan tingkah laku yang secara kualitatif berbeda dengan
sebelumnya ,disengaja untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan :
SANTOSO S.HAMIDJAYA
13. Sebuah kubus
panjang rusuknya 1 sisinya 7dm maka volume kubus adalah 7x7x7 ;343 dm3
14. Sekitar
tahun 6000 masehi di pulau Sumatra terdapat kerajaan Sriwijaya
15. Pembelajaran
KOntekstual adalah pembelajaran yang membiasakan siswa belajar dengan
lingkungan
16. Karakteristik
siswa sd dari segi fisik misalnya :
-
Variasi besar dan tinggi
-
Ketrampilan visik memainkan permainan
-
Kemampuan motorik halus
17. Para menteri
dipilih presiden
18. Cara-cara
anak belajar dari fase moral misalnya :
-
Coba/ralat
-
Pendiddikan langsung
-
Identifikasi
19. Vegetative buatan
pada tumbuhan misalnya mengenten,mencangkok,stek
20. Vegetatif
alami pada tumbuhan misalnya rhizome,geragih,stolon
21. Sumbu
simetri lipat pada segilima beraturan adalah 5
22. Perkembangan
peserta didik dari aspek social misalnya :
-
Menyukai teman sebaya sesama jenis
-
Usia berkelompok
23. Kerajaan
Taruma Negara berdiri pada 450 M
24. Kopetensi
guru berdasarkan permendiknas 16 tahun 2007 adalah :kepribadian,pedagogic,professional,
dan social
25. Standar
Pengelolaan : Standar nasional pendiddikan yang berkaitan dengan
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan pendiddikan [ada tingkat satuan pendiddikan.
26. Kompetensi
Dasar : Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam maata
pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indicator
27.
Permndiknas
NO 41 tahun 2007 tentang standar proses adalah setiap guru wajib membuat RPP
28. Aspek
perkembangan emosional siswa SD adalh mulai muncul perasaan simpati kepada
orang yang lebih dewasa.
29. Ujung jarum
magnet yang menunjukan arah utara biasanya diberi warna merah/hiatm
30. Hewan berkaki
sepuluh disebut DEKAPODA
31. Hewan bersel
1 disebut AMOBA
32. Batu apung
digunakan untuk mengasah kayu sepaya halus
33. Batubara
dapat digunakan dalam pembuatan nilon dan kokas
34. Hasil kerja
panitia Sembilan adalah piagam Jakarta
35. Tujuan
pembelajaran berbasis masalah :
a. Membantu siswa mengembangkan
kemampuan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah
b. Belajar peranan orang
dewasa yang autentik
c. Menjadi pemelajar yang
mandiri
d. mamahami
materi secara menyeluruh
e.berfikir
rasional,
36.
Pembelajaran
kooperatif lerning perdasarkan filsafat konstruktifisme memfokuskan pada
kelompok kecil
37.
Pembelajaran Kooperatif
learning Jigsaw yaitu siswa melakukan suatu kegiatan belajar
dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar
kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk
kelopok kecil
38.
Ciri pembelajaran CTL
1) Adanya kerja sama antar semua
pihak;
2)Menekankan pentingnya pemecahan
masalah atau problem;
3) bermuara pada keragaman konteks
kehidupan murid yang berbeda-beda;
4) saling menunjang;
5) menyenangkan tidak membosankan;
6) belajar dengan bergairah;
7) pembelajarn terintegrasi;
8) menggunakan berbagai sumber;
9) murid aktif;
10) sharing dengan teman;
11) murid kritis, guru kreatif;
12) dinding kelas dan lorong-lorong
penuh dengan hasil karya murid peta-peta, gambar, artikel, humor, dan
sebagainya;
13) laporan kepada orang tua bukan
hanya rapor, tetapi hasil karya murid, laporan hasil pratikum, karangan murid,
dan sebagainya.