Menurut Ralph Tyler, Evaluasi adalah proses yang menentukan sampai sejauh mana tujuan pendidikan dapat dicapai
Cronbach dan Stufflebeam :Upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepada pembuat keputusan.
Sedangkan Provus dan Maclcolm mendefinisikan evaluasi sebagai perbedaan apa yang ada dengan suatu standard untuk mengetahui apakah ada selisih. Sedangkan berdasarkan konsensus para evaluator mendefinisikan Evaluasi adalah penelitian yang sistematik atau yang teratur tentang manfaat beberapa obyek.
Program ( yang dikaitkan dengan evaluasi ) didefinisikan sebagai suatu unit atau kesatuan kegiatan yang merupakan realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan yang berlangsung dalam proses yang berkesinambungan dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang.
Evaluasi Program : upaya untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan suatu kebijakan secara cermat dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing kompunennya
Secara formatif evaluasi dipakai untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan yang sedang berjalan. Sedang secara sumatif evaluasi dapat dipakai sebagai pertanggung jawaban , keterangan , seleksi atau lanjutan.
Sumber : Dr.Sumardi,M.Si
DOWNLOADS MATERI EVALUASI PEMBELAJARAN KLIK DISINI