Menjawab tantangan dengan Kurikulum 2013



Seperti yang kita ketahui bersama Kurikulum 2013 sudah dihadapan kita bahkan beberapa sekolah percontohan telah melaksanakan kurikulum ini .Pengertian Kurikulum menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Sehingga diharapkan kirukulum ini mampu menjawab kebutuhan dan tantangan jaman tentang pembelajaran. Lahirnya Kurikulum ini tidak terlepas dari dari tantangan  internal dan eksternal.
Tantangan internal misalnya :
  1. Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standar biaya, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulusan.
  2. Tantangan internal lainnya terkait dengan faktor perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif
Dilihat dari tantangan dari luar(eksternal )misalnya :
  1. Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
  2. Masalah lingkungan hidup
  3. Kemajuan teknologi informasi
  4. Konvergensi ilmu dan teknologi
  5. Ekonomi berbasis pengetahuan
  6. Kebangkitan industri kreatif dan budaya
  7. Pergeseran kekuatan ekonomi dunia
  8. Pengaruh dan imbas teknosains
  9. Mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan
  10. Materi TIMSS dan PISA
  11. Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
  12. Masalah lingkungan hidup
  13.  Kemajuan teknologi informasi
  14. Konvergensi ilmu dan teknologi
  15. Ekonomi berbasis pengetahuan 
Melihat tantangan di masa depan yang semakin berkembang sehingga perlu adanya perubahan pola pikir dari kurikulum sebelumnya. Penyempuraaan pola pikir tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :


1
Berpusat pada Siswa
2
Interaktif
3
Lingkungan Jejaring
4
Aktif-Menyelidiki
5
Konteks Dunia Nyata
6
Pembelajaran Berbasis Tim
7
Perilaku Khas Memberdayakan Kaidah Keterikatan
8
Stimulasi ke Segala Penjuru (semua Panca indera)
9
Alat Multimedia (berbagai peralatan teknologi pendidikan)
10
 Kooperatif
Artikel Terkait