Pendidikan dan Perkembangan jaman


Dalam era globalisasi seperti saat ini membuat dunia tanpa batas, kemajuan teknologi informasi telah mengubah semua aspek dalam kehidupan manusia, tak terkecuali dunia pendidikan. Menurut Wikipedia Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainya.
Guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan harus tanggap dan aktif dengan perkembangan yang ada. Dalam kenyataan yang ada banyak sekali guru yang buta “IT”. Seperti tidak bisa menggunakan komputer, tidak tau internet dan sebagainya. Alhasil, mereka pun mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan penggunaan iptek ke dalam proses pembelajaran.
Padahal banyak sekali hal positif yang dapat dimanfaatkan guru dari internet apalagi untuk bidang studi yang membutuhkan referensi terbaru mengenai perkembangan terkini seperti sains. Guru juga akan menemukan banyak hal-hal baru mengenai metode pembelajaran, gambar, video, media pembelajaran terbaru yang dapat diterapkan dalam kelas,
Guru sebagai seorang pendidik hendaknya harus terus belajar mengikuti perkembangan teknologi. Sertifikasi yang diberikan pemerintah hendaknya digunakan untuk peningkatan ke profesionalanya yang menyangkut bidangnya sebagai pendidik.Tidak ada kata terlambat dalam belajar , berapapun usianya.Hal ini karena sudah menjadi tuntutan pekerjaan.

Menghadapi perkembangan zaman yang ada proses pembelajaran hendaknya mengedepankan siswa aktif  dan berfikir kreatif. Bahkan tidak hanya dalam bidang pengetahuan saja namun sikap dan ketrampilan pun perlu diolah. Percuma kalau hanya pandai dalam segi pengetahuan tapi tidak memiliki sikap yang baik. Melihat realita yang ada di masyarakat banyak sekali sikap siswa yang menyimpang. Ditambah lagi pengaruh negatif dari lingkungan, TV dan internet. Hal ini menjadi tantangan berat bagi insan pendidikan untuk menghadapi tantangan jaman.




Artikel Terkait