Penggunaan Komputer dalam pembelajaran disekolah


Komputer sekarang ini bukan hal yang mewah lagi bagi kita, kalau dulu komputer harganya masih selangit laptoppun belum terjangkau untuk dibeli  oleh masyarakat menengah kebawah. Namun saat ini berbeda, sekarang komputer, laptop dan akesorisnya dijual bak “kacang goreg”. Ini menunjukan bahwa harga barang tersebut cenderung turun dan siapapun bisa membeli.
Pengguna komputer dan laptop sekarang ini pun untuk semua kalangan ,kalau jaman dulu laptop hanya digunakan kalangan professional sekarang anak-anak TK pun sudah diajari menggunakan laptop/computer, bahkan sekarang banyak orang tua kalah trampil menggunakan benda ini dibandingkan anaknya.
Secara garis besar penyusun laptop / komputer dibagi  menjadi dua yaitu Hardware dan Sofware. Hardware berkaitan dengan perangkat keras atau komponen elektronik yang menyusun didalam komputer itu sendiri. Yang termasuk hardware diantaranya Prosesor, mainboard, ram, hardisk, powersupply, keyboard, mouse dan monitor. Sedangkan software komputer merupakan perangkat lunak atau mudahnya program-program yang menjalankan hardware. Yang termasuk software diantaranya: Windows,Office,Winamp dan lain sebagainya.
Melihat kondisi saat ini hampir sudah sebagian kita memiliki komputer, Anak sebagai seseorang yang memiliki keinginan tahuaan yang tinggi sudah pasti mereka ingin mencobanya. Kegiatan mereka misalnya bermain game, mendengarkan musik, menggambar dan bermain internet.Bagaimana dengan guru sendiri? Guru sebagai seorang profesional seharusnya melek teknologi. Seharusnya guru mau dan mampu berinovasi dengan teknologi dalam mengajar sehari-hari. Misalnya dengan memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran.
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran komputer dapat dikatakan penggunaan alat batu pembelajran menggunakan komputer. Dalam pembuatan media guru dapat menggunakan berbagai macam program misalnya Powerpoint, animasi, Flash program interaktif dan lain sebagainya.
Dalam tulisan kali ini kita akan membahas penggunaan media pembelajaan mengguanakan Powerpoint. Langkah-langkah pembuatanya misalnya sebagai berikut :
1.       Menyiapkan materi yang akan dijajarkan
Misalnya kita akan mengajarkan materi Tatasurya kita harus menyiapkan materi dalam buku, menyiapkan bahan-bahan media misalnya gambar matahari, planet, video pergerakan planet dan lain sebagainya. Bahan-bahan ini dapat anda peroleh mengguankan internet.Misalnya dengan mesin pencari seperti google kemudian menggunduhnya.
2.       Rangkailah bahan-bahan tersebut sesuai kreatifitas anda
Pembuatanya dapat dilakukan dengan cara slide per slide menggunakan Powerpoint. Agar menjadi hidup dan menarik jangan terlalu banyak menuliskan kalimat. Kalimat yang terlalu banyak akan membuat audiens bosan.Yang benar adalah dengan menuliskan point-point penting saja.
3.       Penayangan media dengan LCD proyektor.
Media yang sudah jadi dapat anda coba terlebih dahulu dan dapat dikoreksi mana-mana yang kurang tepat. Jika dirasa sudah tepat dan siap digunakan maka nada dapat menyimpanya dalam flashdisk ataupun CD sehingga lebih mudah menggunakanya.
Dari pengalaman penulis ternyata respon anak-anak sangat positif dengan media dari Powerpoint. Karena konsep yang abstrak dapat dikogkridkan dengan mengggunakan gambar,video atupun menggunakan game yang interaktif  .
Semakin banyak jam terbang anda dalam membuat media maka semakin baik juga hasilnya. Belajar yang efektif adalah langsung melakukan sendiri. Selamat mencoba.......

Artikel Terkait